• Sat. Sep 18th, 2021

kinopolet.net

Update berita dan informasi warga kita

Negara – Negara Dengan Produksi Biji Coklat Terbesar Di Dunia

Byadmin

Aug 7, 2021
Negara – Negara Dengan Produksi Biji Coklat Terbesar Di Dunia

Di Belahan dunia manapun, coklat menempati posisi minuman yang disukai seluruh kalangan. Coklat memiliki penampakan dengan warna kegelapan dengan rasa yang manis ataupun pahit. Ragam pangan ini aslinya berwarna putih dan berbentuk daging buah. Warna kegelapannya didapatkan dari proses pengolahan bahan pangan yang berlangsung. Produk hasilnya sendiri bisa berbentuk bar atau batangan, bubuk coklat untuk minuman bahkan berbentuk cair untuk keperluan khusus.

Produsen biji coklat terbesar didunia sendiri adalah Cote d’Ivoire. Negara ini Memiliki nama lain Pantai Gading. Dimana negara ini bisa menyumbang 2 miliar ton biji coklat ke seluruh negara di dunia. Keren bukan? Mungkin saja bubuk coklat untuk minuman kesukaan kamu berasal dari sana. Tetapi yang nggak kalah kerennya, Indonesia sendiri masuk jajaran 5 negara teratas di dunia yang menghasilkan coklat melimpah, loh.

Indonesia tidak hanya menghasilkan biji kopi terbaik melainkan juga biji coklat terbaik juga. Kedua hasil perkebunan ini menjadi beberapa komoditas ekspor yang diminati negara di dunia. Sebab itu tidak mengherankan apabila kamu dengan mudahnya menemukan bubuk coklat untuk minuman ataupun coklat siap konsumsi di toko terdekat. Bahkan menumbuhkan pohon coklat di pekarangan saja dimungkinkan, loh!

Berikut ini merupakan 5 negara teratas penghasil cocoa sebagai bubuk coklat untuk minuman dan produk lainnya berdasarkan WorldAtlas.

  1. Côte d’Ivoire

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, Cote d’Ivoire merupakan negara Pantai Gading yang letaknya di daerah Afrika Barat. Negara ini pemasok biji coklat terbesar. Dimana produksi coklat tahun 2020 kemarin mencapai lebih dari 2 miliar ton. Angka ini menjadikan perkebunan coklat sebagai komoditas perdagangan negara tersebut dan menjadi mata pencaharian sebagian besar penduduk disana.

  1. Ghana

Masih berada di benua Afrika, Ghana merupakan tetangga Pantai Gading. Negara ini berada di barat Pantai Gading dan memiliki perkebunan coklat yang luas. Produksi biji coklat dalam negerinya sendiri cukup subur dan makmur. Negara ini banyak membabat lahan untuk ditanami oleh cocoa. Produksi biji coklat dalam negeri sendiri mencapai 883.652 ton pada tahun 2020.

  1. Indonesia

Negara yang popular berkat tanahnya yang subur dan bisa ditanami oleh berbagai jenis tanaman adalah Indonesia. Negara ini menjadi produsen biji coklat hingga 659.776 ton per harinya. Indonesia sendiri memiliki beragam hasil perkebunan yang juga menjadi komoditas perdagangan antar negara. Indonesia menjadi negara Asia yang masuk daftar negara penghasil cocoa terbesar dunia. Menjadikan Indonesia negara penghasil cocoa terbesar Asia.

  1. Nigeria

Masih berada di benua Afrika, Nigeria mampu memproduksi coklat hingga 300.000 ton pada tahun 2020. Negara ini meskipun memproduksi banyak biji coklat namun memiliki sistem tanam yang kurang baik. Hal ini menyebabkan produksi biji coklat dalam negeri mereka tidak optimal dan akan terus menurun bila tidak diperbaiki.

  1. Kamerun

Negara ini mampu memproduksi biji coklat mencapai 295.028 ton tahun 2020 lalu. Kamerun merupakan tetangga Nigeria dan memiliki permasalahan lahan perkebunan yang sama. Dimana negara ini sendiri memiliki sistem tanam yang tradisional sehingga tidak bisa produksi biji coklat optimal.