• Tue. Jun 25th, 2024

kinopolet.net

Update berita dan informasi warga kita

Mengetahui Penyebab Nyeri Di Bagian Dada Menurut Dokter

Feb 24, 2022
Mengetahui Penyebab Nyeri Di Bagian Dada Menurut Dokter

Nyeri dada merupakan salah satu permasalahan yang sering membuat penderitanya merasa khawatir. Pasalnya hal ini sering dihubungkan dengan masalah kesehatan yang cukup serius yaitu serangan jantung. Bukan tanpa sebab, serangan jantung tentu saja bisa menyebabkan kematian secara tiba-tiba kepada siapa saja.

Karena itulah nyeri di bagian dada menjadi masalah yang tak bisa diabaikan sama sekali. Tiap orang perlu mengetahui kalau hal tersebut bisa disebabkan oleh berbagai hal. Biasanya kondisi tersebut memang disebabkan karena gangguan yang terjadi pada bagian jantung. Tetapi tak menutup kemungkinan kalau masalah tersebut disebabkan oleh adanya gangguan pada bagian kerongkongna, paru-paru, tulang rusuk, otot dan masih banyak lagi.

Penyebab rasa nyeri di bagian dada

Ketika sedang terjadi, nyeri di bagian dada bisa menimbulkan gejala yang berupa tusukan tajam sampai nyeri tumpul. Tak jarang permasalahan tersebut bisa menimbulkan rasa terbakar juga rasa sakit bisa menjalar ke bagian leher, tangan bahkan punggung. Adapun nyeri di dada yang terjadi karena gangguan paru-pari dapat meningatkan rasa nyeri ketika bernapas sampai batuk.

Karena itulah penting untuk tahu yang menjadi penyebab dari nyeri di dada ini supaya penanganannya terbilang tepat. Berikut ini terdapat sejumlah penyebab rasa nyeri di dada yang penting untuk Anda ketahui.

  1. Permasalahan jantung

Salah satu yang menjadi penyebab terasa nyeri di dada paling umum yaitu terjadinya permasalahan pada bagian jantung. Terdapat bermacam penyebab gangguan di jantung sehingga menyebabkan seseorang merasa sakit tepat di dadanya. Misalnya saja seperti angina, serangan jantung, pericarditis serta diseksi aorta. Penderita yang mengalami nyeri di dada akibat adanya gangguan jantung perlu sesegera mungkin mendapat penanganan secara medis.

  1. Masalah pada gastrointestinal

Seseorang yang mengidapa masalah gastrointestinal juga bisa merasakan nyeri di dadanya. Adapun penyebab umum dari permasalahan tersebut yaitu penyakit bernama refluk gastroesofageal atau kita kenal dengan GERD ataupun kerap disebut sebagai refluks asam. Permasalahan ini terjadi saat isi dalam perut kembali lagi ke bagian tenggorokan. Adapun gejala yang kerap timbul yaitu rasa asam di mulut yang disertai sensasi rasa terbakar di bagian dada.

  1. Masalah pada paru-paru

Penting untuk diketahui terdapat banyak  jenis gangguan di paru-paru yang bisa menyebabkan rasa nyeri di dada. Beberapa di antaranya yaitu emboli paru, hipertensi paru, paru-paru yang kolaps serta pleuritic. Gangguan paru-paru bukan hanya menimbulkan rasa nyeri di dana namun bisa juga menimbulkan gejala lain seperti sesak napas, batuk, napas berdurasi pendek serta produksi lendir yang tergolong berlebih.

Itulah segala hal yang bisa menjadi penyebab rasa nyeri di dada. Anda perlu memeriksakan secara langsung ke dokter untuk mendapat penanganan lebih tepat.