• Tue. Jun 25th, 2024

kinopolet.net

Update berita dan informasi warga kita

Makanan Prebiotik yang Baik untuk Meningkatkan Imun Bayi

Jun 15, 2022
Makanan Prebiotik yang Baik untuk Meningkatkan Imun Bayi

Makanan prebiotik merupakan makanan yang mengandung bakteri atau mikroorganisme hidup dalam jumlah yang cukup dapat memberikan dampak baik bagi tubuh manusia terutama saluran pencernaan pada bayi. Prebiotik sering disebut sebagai bakteri baik yang bekerja dengan cara berbeda, salah satunya adalah menyeimbangkan jumlah bakteri baik dan bakteri jahat pada saluran pencernaan.

Sistem kekebalan imun terkait erat dengan kesehatan saluran cerna. Karena usus yang merupakan bagian dari pencernaan adalah rumah bagi bakteri baik dengan memainkan peran penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh. Untuk memastikan populasi bakteri baik tidak berkurang, maka asupan makanan prebiotik sangat diperlukan.

Menganali sumber Makanan Prebiotik

Prebiotik biasanya ditemukan dalam makanan kaya serat. Namun, tidak semua serat dapat dianggap sebagai prebiotik. Serat yang dapat digolongkan sebagai prebiotik harus mampu melewati saluran pencernaan atau tidak diserap oleh tubuh yang kemudian merangsang pertumbuhan dan aktivitas bakteri baik di usus besar.

Beberapa Pilihan Makanan yang Mengandung Prebiotik Terbaik

Berikut ini merupakan beberapa pilihan makanan prebiotik yang bisa Kamu berikan pada bayi kesayangan seperti dibawah:

  • Pisang

Sebagian besar ibu mungkin sudah tidak asing lagi dengan buah yang satu ini. Pisang biasanya dimakan oleh bayi sebagai camilan atau dibuat menjadi makanan penutup. Rasanya yang bersahabat menjadikan pisang favorit bayi. Namun, Kamu mungkin tidak menyadari bahwa pisang mengandung sumber prebiotik yang sangat baik.

  • Yogurt

Sumber makanan prebiotik berikutnya yang bisa Kamu berikan kepada bayi adalah yogurt. Yogurt terbuat dari susu yang dipadukan dengan bakteri khususnya bernama Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophilus kemudian dibiarkan selama beberapa jam pada suhu sekitar 43 sampai 46 derajat celcius saat proses fermentasi.

Yogurt dapat disajikan sebagai makanan penutup atau sebagai camilan untuk anak-anak. Kamu bisa mengombinasikannya dengan buah-buahan yang kaya vitamin seperti pisang dan stroberi.

  • Rumput laut

Alga mungkin tidak terlalu familiar bagi kebanyakan orang. Namun, mengingat kandungan prebiotik rumput laut, Kamu mungkin perlu mempertimbangkan untuk mulai memberikan rumput laut sebagai makanan sehat, camilan atau minuman di antara waktu makan untuk si kecil.

Rumput laut kaya akan polisakarida yang berpotensi sebagai prebiotik dengan tekstur seperti jelly, Kamu mungkin tidak kesulitan memberikan sumber prebiotik yang satu ini kepada si kecil.

  • Sayuran hijau

Bayam juga ditemukan memiliki sifat prebiotik yang bermanfaat bagi bakteri baik dalam sistem pencernaan balita. Bayam dikenal kaya akan berbagai jenis vitamin dan mineral serta serat yang baik untuk tambahan asupan energi pada bayi.

Demikianlah ulasan yang dapat Kami bahas tentang makanan prebiotik yang baik untuk meningkatkan imun bayi, semoga bisa menambah wawasan baru dan informasi berguna.