• Tue. Jun 25th, 2024

kinopolet.net

Update berita dan informasi warga kita

Cara Mengobati Orang yang Terkena Gejala Tipes

May 11, 2022
Cara Mengobati Orang yang Terkena Gejala Tipes

Orang-orang kerap kali merasa panik saat dokter mengatakan dirinya mengalami Gejala tipes. Tipes memang termasuk penyakit yang dapat berakibat fatal apabila dibiarkan dan tidak ditangani dengan segera.

Meski begitu, pasien yang terkena penyakit ini tidak perlu panik karena tipes dapat diobati dengan cara medis. Tipes juga bukan penyakit yang bandel alias sulit disembuhkan. Hanya saja penyakit ini bisa kambuh sewaktu-waktu apabila pasien yang pernah terinfeksi kurang menjaga kebersihan.

Nah kira-kira bagaimana sih cara mengobati tipes? Tipes bisa diobati dengan cara mandiri juga dengan pantauan dokter. Baiklah, berikut beberapa cara mengobati tipes.

Cara Mengobati Penyakit Tipes

Gejala tipes biasanya muncul pertama kali setelah bakteri masuk selama 1 sampai 3 minggu. Orang-orang yang terkena tipes akan mendapatkan pengobatan yang berbeda-beda, tergantung pada gejala yang dialaminya. Apabila gejalanya parah, pasien akan dirawat di rumah sakit.

Selain obat dan perawatan dari dokter, terdapat beberapa cara yang bisa dilakuakan untuk mengobati tipes, berikut diantaranya:

Makan Makanan yang Mengandung Protein Tinggi

Makanan tinggi protein bisa kamu konsumsi pada saat proses pengobatan tipes. Makanan dengan kandungan protein tinggi dipercaya mampu membantu mempercepat masa penyembuhan dari infeksi yang terjadi akibat bakteri. Kamu bisa mengonsumsi makanan tinggi protein seperti dada ayam, daging sapi, atau ikan

Sering Makan dengan Porsi Kecil

Ketika kamu terkena tipes, nafsu makan pun akan turun alias kamu tidak mau makan. Meski tidak enak, kamu tetap harus memaksakan makan karena tubuhmu memerlukan energi.

Karena itu, cobalah makan dengan porsi kecil tapi sering, tujuannya adalah agar kebutuhan kalori tetap terpenuhi.

Minum Air Putih

Beberapa gejala tipes seperti demam dan diare bisa menyebabkan tubuhmu dehidrasi alias kekurangan cairan. Minum air putih yang cukup  bisa membantu mengobati tipes dan mencegah terjadinya komplikasi akibat tipes.

Cairan yang kamu konsumsi ini berperan penting untuk menggantikan air dan elektrolit yang hilang dari tubuh.

Istirahat dengan Maksimal

Saat kamu mengalami gejala tipes, sebaiknya kamu berhenti sementara dari semua pekerjaan kantor ataupun sekolah. Hal ini karena pasien tipes mesti beristirahat secara maksimal.

Pasien tipes disarankan tidur. Selain sebagai media istirahat, tidur juga memiliki banyak manfaat, seperti memperbaiki sel dan jaringan tubuh yang rusak, juga mencegah penularan penyakit tipes.

Minum Obat dari Dokter

Meskipun kamu bisa mengobati penyakit tipes dengan tidur dan makan makanan bergizi, kamu tidak boleh melupakan obat dari dokter.

Biasanya dokter akan memberikan antibiotik untuk melawan infeksi bakteri dalam tubuh. Sebaiknya kamu minum obat tersebut dengan teratur. Kamu bisa konsultasi dengan rutin melalui asuransi kesehatan yang terpercaya.