• Sat. Sep 18th, 2021

kinopolet.net

Update berita dan informasi warga kita

Bermasalah dengan Gusi Bengkak? Gunakan 5 Cara Ini Mengatasinya

Byadmin

Aug 23, 2021
Gusi Bengkak

Anda pernah mengalami pembengkakan pada gusi? Obat gusi bengkak apa yang digunakan untuk mengatasinya? Anda langsung pergi ke dokter atau hanya menggunakan obat-obatan di rumah saja?

Gusi bengkak bisa disebabkan oleh berbagai faktor, terutama dari segi makanan, kesehatan mulut yang kurang dijaga, atau penggunaan pasta gigi, obat kumur, atau penggunaan sikat gigi yang kurang tepat dengan bahan kasar.

Cara Atasi Gusi Bengkak yang Bisa Dilakukan

Ketika gusi bengkak terjadi tentu saja harus segera diatasi karena sangat mengganggu kegiatan sehari-hari Anda. Bahkan makanan enak pun tidak lagi terasa enak karena adanya masalah gusi bengkak ini. Berikut beberapa cara untuk memperbaiki keadaan tersebut:

1. Gunakan Air Asin untuk Berkumur

Garam dikenal sebagai cairan antiseptik sejak dulu kala dan khasiatnya sudah terbukti. Ketika Anda mengalami gusi bengkak harus segera membersihkan area yang mengalami peradangan.

Tuangkan sesendok garam ke segelas air hangat, lalu larutkan. Kemudian gunakan air tersebut untuk berkumur. Air garam dapat mencegah dan mengurangi pertumbuhan bakteri sehingga pembengkakan dapat berkurang secara perlahan.

2. Berkumur dengan Air Lemon

Obat gusi bengkak lainnya adalah dengan berkumur menggunakan air lemon. Siapkan air hangat kemudian masukkan perasan lemon ke dalam air. Selanjutnya, berkumurlah dengan cairan tersebut setidaknya 3 kali sehari. Kandungan dalam lemon dapat menyeimbangkan kadar PH dalam mulut.

3. Kantong Teh Celup

Anda juga bisa mengurangi bengkak pada gusi dengan menggunakan teh celup. Caranya dengan merendam kantong teh celup, bisa menggunakan teh hitam atau hijau karena keduanya mengandung zat tanin yang lebih tinggi. Setelah merendam kantong teh selama 5 menit dinginkan sesaat kemudian tempelkan pada bagian yang bengkak.

Anda juga bisa menggunakan ramuan anti-inflamasi seperti jahe atau teh chamomile, masukkan ke dalam kantong teh, kemudian gunakan cara yang sama dengan menempelkannya pada bagian yang bengkak setelah direndam di air panas.

4. Pastikan Menyikat Gigi dan Gunakan Benang Gigi

Gusi yang bengkak disebabkan oleh peradangan sehingga keberhasilan merupakan hal yang sangat penting untuk mengobatinya dan mencegah Anda mengalaminya kembali. Oleh sebab itu, perhatikan kebersihan gigi dengan menyikat gigi setidaknya 2 kali sehari dan gunakan benang gigi untuk membersihkan bagian sela-sela gigi.

5. Hindari Konsumsi Tembakau dan Minuman Beralkohol

Ketika mengalami gigi bengkak, Anda tidak boleh menggunakan produk dengan kandungan tembakau di dalamnya, seperti merokok. Selain itu, Anda tidak boleh juga mengonsumsi minuman beralkohol karena akan menyebabkan iritasi pada gusi.

Gusi bengkak juga bisa terjadi karena penggunaan produk pasta gigi atau obat kumur yang menyebabkan iritasi pada gusi. Anda harus menghentikan penggunaan produk tersebut sehingga pengobatan yang dilakukan optimal.

Selain itu, lakukan pengobatan dengan menggunakan obat gusi bengkak yang tepat dan pastikan menggunakan salah satunya saja. Jangan gunakan berbagai macam cara pengobatan dalam waktu bersamaan. Ingin tahu berbagai informasi dunia kesehatan lainnya? Anda bisa dapatkan di laman Orami.co.id.