• Sat. Sep 18th, 2021

kinopolet.net

Update berita dan informasi warga kita

Anak Sering Batuk dan Pilek, Lakukan Kebiasaan Ini

Byadmin

Jul 26, 2021
Anak Sering Batuk dan Pilek, Lakukan Kebiasaan Ini

Tentu para orang tua senang melihat anaknya bermain-main. Melihat anak bermain ceria adalah tanda mereka sehat. Namun, banyak yang mengabaikan bahanya

Yang namanya anak kecil, apalagi masih balita pasti senang sekali bermain. Apalagi bermain kotor-kotoran. Namun, mereka tidak peduli dengan itu. Yang penting mereka bisa bermain.

Apakah Anda sadar bahwa inilah yang bisa membuat anak rentan terserang penyakit? Meskipun penyakit pada anak hanya batuk dan pilek, dan penyakit ringan lainnya, Anda tidak boleh abai terhadap hal ini.

Bagaimana jika anak Anda sering terkena batuk dan pilek? Apa yang harus Anda lakukan? Baik, di sini akan dijelaskan lebih lanjut.

Upaya pencegahan agar anak tidak sering terkena batuk dan pilek

  1. Selalu mengganti pakaian saat bermain di tempat yang kotor

Saat bermain di tempat kotor, seperti hujan-hujanan, berkebun, bermain ikan, dan sebagainya. Diharapkan setelah bermain, orang tua hendaknya mengganti pakain dengan yang lebih bersih agar anak tidak merasa gatal dan tidak ada kuman yang menempel di tubuh anak.

Anak balita memang memiliki kondisi tubuh yang rentan terkena virus saat bermain di tempat yang kotor. Inilah peran orang tua untuk selalu menjaga kebersihan anak. Selalu mandikan anak jika badannya turut terkena kotoran.

  1. Selalu mencuci tangan usai bermain

Usai bermain terkadang anak lupa untuk mencuci tangan. Sebagai orang tua hendaklah menerapkan kebiasaan dan kedisiplinan mencuci tangan pada anak. Anak-anak yang malas mencuci tangan sqngat rawan terkena cacingan.

Anak-anak sangat penasaran dengan hal baru, termasuk benda kotor sekalipun. Terlebih yang berusia di bawah 3 tahun. Wajib hukumnya untuk selalu mencuci tangan setelah bermain dan sebelum makan. Agar kuman, bakteri, dan virus tidak ada yang masuk ke tubuh saat makan.

  1. Minum suplemen vitamin

Anak-anak seringkali malas untuk mengonsumsi buah dan sayur yang kaya akan vitamin, mereka lebih suka makan jajan jajan kemasan yang memiliki kandungan pengawet.

Padahal mereka juga butuh vitamin. Setiap hari anak-anak harus memenuhi jumlah vitamin yanh dibutuhkan oleh tubuhnya. Jika tidak proses pertumbuhan dan perkembangannya akan terhambat. Selain itu, akan rentan terkena penyakit. Termasuk batuk dan pilek. Itulah pentingnya vitamin untuk daya tahan tubuh anak.

  1. Makan makanan yang bergizi

Makanan yang bergizi dan bernutrisi tinggi sangat dibutuhkan oleh anak-anak terutama balita. Mengonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna adalah keharusan. Karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral harus terpenuhi dengan baik.

Terutama adalah mengonsumsi buah dan sayur. Buah dan sayur sangat baik untuk anak-anak. Kandungan vitamin dan mineralnya yang tinggi meningkatkan daya tahan tubuh anak agar tidak gampang terserang penyakit, terutama flu dan batuk.

  1. Istirahat dengan cukup

Anak-anak di bawah usia 5 tahun memang sedang aktif-aktifnya. Mereka senang mengeksplor hal baru. Berlari kesana kemari. Tapi uniknya mereak seakan tidak merasa cape seperti orang dewasa.

Bahkan jika disuruh tidur, mereka tidak mau. Sebagai orang tua, hendaklah untuk menasihati mereka agar tidur tepat waktu dan cukup waktu. Idealnya anak-anak tidur selama 8-10 jam per hari. Dengan tidur yang cukup, imunitas dan kesegaran tubuhnya akan terjaga. Sehingga terhindar dari batuk, pilek, dan penyakit lainnya

Demikian cara agar anak-anak tidak sering terkena batuk dan pilek. Batuk dan pilek memang wajar menyerang anak-anak. Tapi alangkah lebih baiknya jika mereka sehat dan tidak sakit apapun.

Catatan

Bermain kotor tidak sepenuhnya buruk. Justru itu baik untuk perkembangan saraf dan motoriknya. Selain itu, bisa memicu antibodi menjadi lebih baik lagi. Namun, bermain kotor pun hanya boleh untuk beberapa waktu saja. Tidak boleh terlalu sering. Yang paling penting adalah selalu menjaga kebersihan setelah bermain. Salam sehat!

Related Post